Mengenal Bee Pollen

Pengertian Bee Pollen

Bee pollen adalah serbuk sari dari lebah yang mengandung karbohidrat, protein, asam lemak, antioksidan, serta vitamin dan mineral. Bee pollen terbentuk dari campuran serbuk sari, nektar, madu, dan cairan tubuh lebah. Sedangkan madu, bee propolis, dan royal jelly adalah produk-produk lain yang dapat diperoleh dari lebah.

Manfaat Bee Pollen

Ada beberapa nutrisi yang terkandung pada bee pollen. Di antaranya adalah vitamin, protein, lemak, karbohidrat, mineral, enzim, dan antioksidan. Karena itu, ada beberapa manfaat bee pollen yang diduga baik untuk kesehatan, seperti:

  • Bekerja sebagai antioksidan

Seperti disebutkan di atas, bee pollen mengandung antioksidan, seperti asam fenolat dan flavonoid, yang berguna melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas, misalnya akibat asap rokok atau polusi udara. Penelitian menunjukkan bahwa bee pollen memberikan perlindungan pada sel-sel tubuh terhadap efek radikal bebas.

  • Meredakan peradangan

Menurut penelitian, bee pollen dapat mengurangi peradangan dan bekerja hampir sama dengan obat antiradang. Sayangnya, penelitian ini baru dilakukan kepada hewan, belum kepada manusia.

  • Meningkatkan kesehatan hati

Ada juga penelitian yang menemukan bahwa bee pollen membantu menjaga kesehatan organ hati. Tak hanya itu, bee pollen dapat membantu proses penyembuhan kerusakan hati. Efek ini terkait dengan efek antiradang dan antioksidan pada bee pollen. Walau demikian, efek bee pollen ini belum banyak diteliti pada manusia secara klinis.

  • Mempercepat penyembuhan

Bee pollen diyakini dapat mempercepat penyembuhan luka, jika dioleskan ke kulit. Produk yang dihasilkan oleh lebah ini bekerja dengan cara meningkatkan sirkulasi darah, membunuh bakteri, dan melembapkan kulit.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa bee pollen memiliki sifat antimikroba, antijamur, dan antivirus yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus. Efek bee pollen pada sistem kekebalan tubuh ini juga terlihat dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, meski masih perlu dikaji lebih lanjut.

Hingga saat ini belum ada cukup bukti ilmiah mengenai manfaat bee pollen lainnya. Potensi bee pollen yang masih menunggu pembuktian lebih lanjut antara lain adalah untuk menangani gejala-gejala sindrom premenstruasi, mengatasi sariawan, memperbaiki selera makan, mengatasi konstipasi dan diare, serta menurunkan berat badan.

Bee Pollen yang dibawa oleh lebah Apis Mellifera

Gambar diatas adalah sekelompok koloni lebah Apis Mellifera yang sedang menyimpan Bee pollen kedalam sarangnya.

sarang lebah Trigona yang didalamnya mengandung Bee Pollen

Gambar diatas adalah sarang lebah trigona yang didalamnya mengandung Bee Pollen, terlihat yang berwarna kuning itu merupakan Bee Pollennya.

Kami menjual Produk Lebah dari Madu,Bee Pollen, Propolis, dan Bibit Lebah

Produk Bee Pollen MaduPakLebah yang telah disaring dan dikemas

Untuk pemesanan dan info bisa hubungi kami di 0812-8481-4898 (Eureka Indra Zatnika)

Sumber artikel :

https://www.alodokter.com/selain-bee-pollen-manfaat-lebah-masih-banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *