Mengenal Lebah Trigona Itama

Trigona Itama merupakan lebah tak bersengat yang berasal dari Sumatra lebah ini termasuk dalam genera Heterotrigona. Setiap jenis trigona yang bergenera heterotrigona memiliki ciri yang mudah dibedakan yaitu memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, ukuran tubuh trigona jenis ini bisa mencapai 9 mm.

Trigona Itama memiliki warna tubuh yang didominasi oleh warna hitam terang, sepintas seperti warna biru kehitaman seperti warna kumbang. Warna sayap irindiscent hingga kehitaman. Dua pasang kaki dan sepasang tibianya pun berwarna hitam, oleh karena itu pula trigona spesies ini di daerah Banten dikenal dengan sebutan ‘teuweul gagak’.

Di alam bebas, biasanya mereka tinggal di batang pohon berlubang atau tunggul pohon keras. Spesies ini memiliki daerah sebaran yang cukup luas, nyaris seluruh kepulauan di Indonesia  memiliki spesies ini walau pun belakangan ini populasinya kian menyusut akibat perburuan dan kerusakan hutan oleh tangan-tangan jahil manusia.

Hasil madu dari lebah trigona rasanya cenderung lebih asam daripada madu hasil dari lebah bersengat (Apis Mellifera/Dorsata).

Panen lebah Trigona Itama
ditulis oleh herliawan 10/12/2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *